Mudah! Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar Pasti Berhasil

Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar Pasti Berhasil!

Dapatkan info cara mengatasi IMEI tidak terdaftar pasti berhasil di sini. Semua ponsel yang digunakan di Indonesia harus terdaftar IMEI agar bisa digunakan. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang berupa sebuah kode unik terdiri dari 15 digit yang fungsinya untuk identifikasi. IMEI menujukan bahwa ponsel luar yang Anda gunakan legal di Tanah Air. Lalu bagaimana jika tidak memiliki atau terdaftar IMEI? Maka ponsel tersebut tidak bisa digunakan. Untuk itu, artikel ini akan memberikan cara mengatasi IMEI tidak terdaftar secara mudah dan pasti berhasil.

Baca juga : Penyebab Among Us Disconnected From Server Dan Cara Atasinya!

Mengenal IMEI Dan Fungsinya

IMEI adalah sebuah identitas wajib yang harus dimiliki oleh setiap perangkat HP (smartphone). Bisa dibilang semacam KTP untuk ponsel Anda. Dengan IMEI tersebut, masyarakat bisa mengecek informasi lengkap seputar ponsel, seperti pabrik, nomor model, asal dan lainnya. Jika sebuah ponsel tidak terdaftar pada IMEI, maka akibatnya adalah tidak bisa dipakai. Lebih spesifikasinya yaitu, tidak bisa untuk mengakses internet atau untuk melakukan panggilan. Sebab tidak muncul sinyal pada ponsel tersebut. Jika tidak ada sinyal, maka sudah tentu ponsel jadi tidak bisa digunakan untuk aktivitas apapun. Nomor IMEI juga bisa dipakai untuk melakukan pemblokiran smartphone ketika mengalami kecurian atau lainnya. Jadi IMEI sangat penting untuk identitas ponsel.

Cara Mengecek Apakah IMEI Terdaftar

Untuk mengecek apakah IMEI ponsel Anda telah terdaftar atau tidak caranya cukup sederhana. Tinggal hubungi *#06#, kemudian akan muncul nomor IMEI dari ponsel. Kemudian buka browser dan ketik kata pencarian “cek IMEI”, setelah itu klik situs pada pencarian urutan teratas. Setelah itu akan masuk di situs resmi IMEI Kemenperin, masukan no IMEI pada kolom yang tersedia, dan klik tombol search. Setelah itu akan muncul pemberitahuan apakah no tersebut telah terdaftar atau tidak.

Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar Pasti Berhasil

Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar

Selanjutnya, bagaimana jika ternyata no IMEI yang dimiliki ternyata belum terdaftar? Jangan khawatir ada trik untuk tetap bisa menggunakan ponsel yang IMEI nya belum terdaftar. Anda tinggal ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama pastinya cek dulu no IMEI ponsel Anda, jika memang tidak terdaftar maka lakukan langkah selanjutnya.
  • Trik pertama, coba restart ponsel dan cabut sim card. Setelah itu masukan kembali sim card, jika setelah melakukan trik tersebut ponsel sudah bisa dipakai lagi. Maka tidak perlu menggunakan langkah selanjutnya.
  • Namun biasanya jika no IMEI tidak terdaftar, trik di atas belum cukup untuk mengatasinya. Jadi gunakan trik selanjutnya, yaitu ganti sim card dengan yang baru dan belum pernah di daftarkan pada kominfo sebelumnya.
  • Masukan sim card baru yang providernya sama dengan sim card sebelumnya. Setelah itu, lakukan registrasi pada kominfo, dengan memasukan no KTP serta KK. Setelah melakukan trik tersebut, pasti ponsel Anda bisa kembali digunakan seperti biasa.

Baca juga : Mudah! Cara Memperbarui WA Aero Yang Sudah Kedaluarsa Agar Update

Trik di atas telah dicoba dan memang benar berhasil. Kasus tentang no IMEI yang tidak terdaftar tersebut biasanya terjadi pada ponsel – ponsel yang dibeli melalui black market atau ilegal. Ponsel black market memang cukup diminati oleh sebagian warga Indonesia, sebab harganya yang lebih terjaungkau. Nah, Anda bisa menggunakan trik di atas untuk mengatasi masalah IMEI yang tidak terdaftar. Sekian ulasan menarik tentang cara mengatasi IMEI tidak terdaftar secara mudah dan pasti berhasil.