Server Garmin Down, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Server Garmin Down, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 23 juli 2020, masyarakat dihebohkan dengan produk wearable garmin atau server garmin down yang tiba – tiba tidak bisa diakses. Server garmin yang mengalami down tersebut berpengaruh pada produk lainnya seperti navigasi penerbangan, wearable untuk olahraga dan lainnya. Kabarnya, masalah ini terjadi akibat serangan ransomeware. Garmin adalah produsen samrtwatch dan wearables besar di dunia. Terkait hal tersebut, ulasan akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi server garmin down tersebut. Langsung check this out!!

  • Berdasarkan kabar dari Zdnet, pada hari jumat tanggal 24 juli 2020, diperkirakan penutupan layanan dari Garmin akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan, sebab pihaknya tengah mencari cara agar bisa mengatasi serangan dari ransomewere tersebut. Tampaknya hacker telah berhasil mengacaukan sistem kerja dan operasional pada perangkat garmin. Hacker mampu mengenkripsi sistem produksi hingga jaringan internal miliki Garmin.
  • Akibatnya masyarakat untuk sementara ini belum bisa menggunakan perangkat garmin hingga beberapa hari ke depan. Website resmi Garmin juga ditutup, layanan sinkronisasi data para pengguna garmin connect juga tidak bisa diakses. Tidak hanya itu, database aviasi Garmin juga tidak dapat diakses, serta sejumlah lini produksi di wilayah Asia.
  • Berdasarkan pesan dari akun twitter resmi Garmin menuliskan bahwa, dampak penutupan layanan secara mendadak ini juga mempengaruhi layanan call center Garmin. Sehingga masyarakat tidak bisa menghubungi call center resmi garmin, entah itu melalui online chat, email, atau bahkan langsung lewat telepon. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang banyak menggunakan produk garmin. Sebab sebagian besar konsumen tergantung dengan layanan garmin connect untuk melakukan sinkronisasi data terkati aktivitas yang terhubung dengan server garmin.
  • Tidak hanya konsumen pengguna wearable garmin saja, perusahaan penerbangan yang menggunakan layanan flygarmin juga mengalami gangguan. Pilot tidak bisa mengakses peralatan navigasi penerbangan sebab sistem mengalami down. Padahal seluruh data perangkat navigasi terbaru dari database flygarmin telah menjadi persyaratan FAA. Aplikasi garmin pilot yang berisi jadwal dan rencana penerbangan juga tidak bisa diakses.
  • Beredar kabar baru dari karyawan Garmin yang mengatakan bahwa ransomware yang menyerang garmin adalah WastedLocker. Namun ini hanya sebatas spekulasi saja, belum ada konfirmasi resmi kebenarannya. Ada juga yang menyebutkan bahwa insiden yang menimpa Garmin tersebut disebabkan oleh virus.

Demikian ulasan mengenai server garmin down. Dari uraian panjang diatas, dapat disimpulkan bahwa penyebab server garmin mengalami down kemungkinan besar akibat serangan dari hacker. Lalu terkait cara mengatasi server down tersebut, belum ada solusi yang bisa dilakukan. Para pengguna produk garmin hanya bisa sabar menunggu hingga pihak garmin mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat serangan hacker tersebut.

Baca juga : Kenapa among us tidak bisa dibuka